Maestro Seni Tradisi adalah Nek Jariah - Berita Heboh
News Update
Loading...

Jumat, September 05, 2014

Maestro Seni Tradisi adalah Nek Jariah

Maestro Seni Tradisi adalah Nenek 76 Tahun
Jika ditanyakan kepada Anda, siapa maestro seni tradisi Indonesia? Belum tentu Anda bisa menjawabnya. Adalah Nek Jariah (76 tahun), yang ditetapkan sebagai penerima penghargaan anugerah Maestro Seni Tradisi Indonesia dari Kementerian pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Nek Jariah merupakan salah satu pelaku seni tradisi Jambi yang berasal Kabupaten Bungo.

Kepastian anugerah sebagai maestro seni tradisi Indonesia yang di raih Nek Jariah disampaikan oleh Nukman, Sekretaris Jenderal Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Jambi di Jambi. Penghargaan sebagai maestro seni tradisi akan diserahkan dalam acara anugerah kebudayaan dan penghargaan Maestro Seni Tradisi (AKPM) dari Kemendikbud di Jakarta.

Predikat sebagai maestro seni tradisi Indonesia memang layak diberikan kepada Nek Jariah. Pasalnya, Nek Jariah merupakan satu-satunya seniman tradisi lisan Dideng yang tersisa di Bungo dan tidak pernah berhenti untuk terus berusaha keras agar dapat mewariskan ke generasi muda berikutnya. Dia merupakan salah seorang pelaku dan sekaligus pelestari seni tradisi lisan daerah Jambi yang tumbuh kembangnya di seputar Kabupaten Bungo sejak dulu. Seni tradisi itu adalah seni tradisi lisan Dideng.

Rencananya, penyerahan anugerah maestro seni tradisi Indonesia kepada Nek Jariah akan dilakukan pada 3 Oktober 2014 di Jakarta dalam acara malam pemberian Anugerah dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi Indonesia.

Nek Jariah bukan satu-satunya orang yang menerima anugrah maestro seni tradisi Indonesia. Ia akan menerima anugerah tersebut dari Mendikbud bersama dengan tujuh orang maestro seni tradisi lisan lainnya dari seluruh Indonesia, seperti dari Riau, Kepri, NTB, Bangka-Belitung, Papua, Maluku Utara dan DKI Jakarta. Mereka merupakan para pelaku dan sekaligus juga pelestari seni tradisi asli nusantara.

Berita heboh, unik dan aneh lainnya dari heboh.sodikin.Com : Kuda Yang Tidak Bisa Dibunuh Tentara JermanHeboh Ular Berkepala Dua, dan Karakter Hello Kitty, Ternyata Bukan Kucing.

Share with your friends

1 komentar

  1. Greatttt. Ini tanda bahwa pemerintah masih peka terhadap apa yang berharga dalam balutan lusuh. Saatnya untuk melihat secara obyektif segala sesuatu,....

    BalasHapus

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done